Sabtu, 01 Desember 2012

Pertanyaan : Apakah manusia berasal dari kera?


Pertanyaan ini telah lama mengundang kontroversi antara saintis dengan kalangan agama.
Saya sendiri bertanya-tanya, memangnya apa yg salah kalau benar manusia merupakan hasil evolusi dari kera??
hanya karna di alkitab tidak menyatakan adam berasal dari kera, maka tidak mungkin manusia berasal dari kera??
dalam alkitab sendiri hanya tertulis Tuhan menciptakan bumi dan segala isinya, namun tidak menjelaskan secara detail mengenai proses terbentuknya bumi.
bukankah segala sesuatu itu ada prosesnya, saat alkitab mengatakan bumi diciptakan.. bukankah ada proses yg lebih detail bagaimana itu semua terjadi. begitu juga jika alkitab mengatakan Tuhan menciptakan manusia (dari debu tanah/tanah liat). bukankah ada proses yg harus dilalui sebelum manusia itu jadi?

hanya saja disini saya ingin menempatkan segala sesuatu seperti seharusnya.
saya kurang setuju dengan kalimat "manusia berasal dari kera". bagi orang yg memiliki pengetahuan tentang proses terbentuknya kehidupan di dunia/bumi. kalimat itu terlalu "menyesatkan", karna sebenarnya kerapun bukan asal tunggal dari manusia. bukankah kera juga adalah hasil dari evolusi? jadi kata asal sangat tidak tepat dalam kalimat itu. seakan-akan kera adalah awal tunggal.
ada proses yg sangat jauh sebelum kera hadir dimuka bumi ini, yg mempelopori keberadaan manusia. ada big bang, ada terbentuknya galaksi2, tata surya dan bumi, ada awal terciptanya kehidupan micro organisme, ada perkembangan organisme bersel satu ke ber-sel banyak, ada evolusi organisme bersel jamak, ada ikan, ada mahluk amphibi, ada kadal, ada mamalia, ada kera, ada manusia purba, dan kemudian ada manusia.

maka lebih tepat jika dikatakan, manusia dan kera berasal dari karya penciptaan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar